Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Lebih Pede Kirim Email Dengan Bahasa Inggris, Pelajari Kalimat Ini!

tips kirim email dalam bahasa inggris 

Kamu sering gak pede kirim email dengan Bahasa inggris? Coba dulu beberapa tips berikut ini deh biar jadi lebih pede nulis email dengan bahasa Inggris:

1. Baca kalimat dalam Bahasa inggris yang sering digunakan dalam komunikasi email.

Ini bagian penting buat kita untuk mencari tahu referensi kalimat mana yang sering digunakan orang-orang dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Dengan tau lebih banyak referensi kalimat yang sering digunakan, kita bisa jadi lebih punya banyak opsi dalam pemilihan diksi kata atau kalimatnya adari referensi yang expert di bidangnya.

2. Susunan body email (Struktur)

Yang gak kalah penting itu juga harus tau dulu tentang susunan dalam email itu bagaimana, strukturnya yang baik itu kayak gimana, misalnya nih kita cuman mau membalas suatu email, atau kita akan mengirim email baru, atau kita mengharapkan feedback dalam suatu bahasan meeting gitu. Nah, masing-masing tujuan dari menulis email ini berbeda, jadi disesuaikan saja yaa..

3. Kalimat Ungkapan

Cari tau juga ungkapan-ungkapan yang sering dipakai dalam bahasa Inggris bisnis, ini bisa dicari tahu kok di google. Terdapat banyak kalimat umum yang sering dipakai. Nah, di artikel ini juga kita lampirkan sedikit yaa..

Kesalahan Dalam Menulis Email Bahasa Inggris 

Dalam dunia kerja sering kali kita harus berkomunikasi dengan Bahasa Inggris baik secara lisan maupun secara tulisan, baik formal maupun non formal, misalnya melalui email. Namun seringkali kita masih bingung untuk pemilihan kata dan kalimat dalam body emailnnya, serta grammar yang benar itu seperti apa karena takutnya sok keren pakai bahasa Inggris eh salah Grammar, kan jadi gimana gitu yaa. Misalnya:

  • As attached: terkadang ketika ingin melampirkan dokumen atau file laporan dan sebagainya, kita sering bingung menggunakan kalimat dengan grammar apa yang pas. Nah, kamu bisa coba pakai kalimat ini untuk lampiran file-Nya: "I have attached the documents in this email."
  • Reply: Misal kita mengharapkan balasan dengan cepat, kitab bisa memilih menggunakan opsi kalimat ini: I look forward to hearing from you soon.

Nah, ini ada beberapa contoh kalimat dalam Bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan professional di dunia kerja. Setelah baca ini harusnya kamu bisa lebih pede kirim email dengan Bahasa Inggris dong.


Contoh Kalimat Body Email dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah beberapa kalimat formal yang biasa digunakan dalam percakapan professional dunia kerja yang di sadur dari AZBAHASAINGGRIS.com beserta dengan artinya dalam bahasa Indonesia.

1. Here is the documents you asked for (Ini adalah dokumen yang Anda minta)

2. I have attached some documents about the similar topics we have been discussing (Saya telah melampirkan beberapa dokumen tentang topik yang mirip dengan yang sedang kita diskusikan)

3. This QWE file has what we need (Dokumen QWE ini punya apa yang kita butuh kan)

4. I am sharing my presentation file with you. Hope it helps. (Saya akan membagikan dokumen presentasiku untukmu. Semoga membantu)

5. Regarding this matter, you will find the attachment below. (Terkait masalah ini, Anda akan menemukan lampirannya di bawah ini)

6. Let me know if you have any questions about the attachment (Beritahu saya jika Anda memiliki pertanyaan mengenai dokumen yang terlampir)

7. Please don’t hesitate to contact me should you have any inquiries about the attachment (Mohon jangan ragu untuk menghubungi saya jika Anda memiliki pertanyaan tentang dokumen yang terlampir)

8. The requested document is attached to this email (Dokumen yang diminta terlampir dalam email ini)

9. Take a look at the attached document (Silakan cek dokumen yang terlampir)

10. Relevant information is in the attached file (Informasi yang relevan ada dalam dokumen yang terlampir)

11. The attached document includes QWE files (Dokumen yang terlampir termasuk di dalamnya dokumen QWE)

12. When you review the attached documents, you will see the QWE files (Saat Anda meninjau dokumen yang terlampir, Anda akan menemukan dokumen QWE)

13. Please see the attached documents for more details (Mohon cek dokumen yang terlampir untuk lebih jelasnya)

14.  Attached herewith this email the product catalogue listed with the price (Terlampir dalam email ini adalah katalog produk beserta harganya masing-masing)

15. Please see the enclosed below. Should you have any questions regarding the attachment, please let me know (Mohon cek lampirannya. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait lampiran di bawah, mohon beritahu saya)

16. The enclosed documents shows what we talked about before (Dokumen yang terlampir di bawah menunjukkan apa yang kita bahas bersama sebelumnya)

17. Enclosed is QWE files related to the invoice you asked for (Terlampir adalah dokumen QWE yang berhubungan dengan tagihan yang Anda minta)

18. Enclosed is the documents you need (Terlampir dokumen yang Anda butuh kan)

19. The QWE files you asked for is attached below (Dokumen QWE yang Anda minta terlampir di bawah)

20. Please refer to the attached documents for more detail (Silakan cek dokumen terlampir untuk lebih detailnya)

Nah, itu tadi contoh 20 kalimat dalam body email yang menjelaskan tentang lampiran dalam suatu email. Berikutnya kita akan membahas tentang kalimat penutup.


Kalimat Penutup Email dengan Bahasa Inggris

Pada akhir body email, biasanya akan dibubuhi dengan kalimat penutup. Berikut ini adalah 3 contoh kalimat penutup body email dalam bahasa Ingris. (Nyingspot.com)

1. Thank you for your help. Kata help ini bisa diganti juga dengan kata time, assistance, support tergantung dari konteks email itu apa.

2. I really appreciate the help. Kata help ini bisa diganti juga dengan kata time, assistance, support tergantung dari konteks email itu apa.

3. Thank you once more for your help in this matter.


Kalimat Mengharapkan Balasan atau Feedback secepatnya

Nah, kalau ini adalah 6 contoh kalimat mengharapkan balasan atau feedback dari suatu email dalam bahasa Inggris. (Nyingspot.com)

1. I look forward to hearing from you soon.

2. I’m looking forward to your reply.

3. We hope that we may continue to rely on your valued custom.

4. We look forward to a successful working relationship in the future.

5. Please advise as necessary.

6. I would appreciate your immediate attention to this matter.


Kalimat penutup email tentang ungkapan

Sebagai tambahan, berikut adalah beberapa kalimat ungkapan terima kasih dan sebagainya yang mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk ditambahkan ke dalam kalimat penutup emailmu.

1. If I can be of assistance, please do not hesitate to contact me.

2. If you require any further information, feel free to contact me.

3. If you require any further information, let me know.

4. Please feel free to contact me if you need any further information.

5. Please let me know if you have any questions.

6. I hope the above is useful to you.

7. Should you need any further information, please do not hesitate to contact me.

8. Please contact me if there are any problems.

9. Let me know if you need anything else

10. Drop me a line if I can do anything else for you.

11. Don’t hesitate to reply email if you have any questions.


Nah begitulah beberapa contoh kalimat formal untuk mengirim email dalam bahasa Inggris. Semoga membantu yaa.. 

Sumber

11 Kalimat penutup email dalam bahasa Inggris, nomor 3 belum banyak yang pakai! (nyingspot.com)

10 Contoh Email Bahasa Inggris Formal dan Artinya - (AZBahasaInggris.com)



Posting Komentar untuk "Tips Lebih Pede Kirim Email Dengan Bahasa Inggris, Pelajari Kalimat Ini!"