Tuesday, October 15, 2019

Biomolekul

 
Contoh Molekul DNA

Pengertian Biomolekul

Definisi biomolekul secara umum di bidang kimia adalah senyawa-senyawa organik sederhana pembentuk organisme hidup. Suatu biomolekul bersifat khas dan tidak ada di bumi sekarang ini, kecuali sebagai produk aktivitas biologis. Biomolekul dapat dipandang sebagai turunan hidrokarbon. Selain merupakan senyawa pembangun yang berfungsi sebagai unsur pembentuk struktur sel yg rumit, biomolekul juga berperan dalam transformasi energi. Biomolekul diteliti dari dua pandangan, yaitu pandangan kimiawan dan pandangan biologiwan. Interaksi biomolekul satu dengan lainnya dipahami dalam biokimia.

Jenis-jenis Biomolekul

Golongan utama biomolekul adalah molekul berukuran besar atau biasa juga disebut dengan makromolekul, golongan tersebut antara lain: protein, asam nukleat, karbohidrat, dan lipid. Keempat golongan tersebut memiliki sifat umum, yaitu struktur yang relatif besar dan berat molekul tinggi.

Bentuk Senyawa Biomolekul

suatu molekul organik mempunyai bentuk yang berbeda-beda yang biasa disebut dengan konformasi. Biomolekul organik mempunyai bentuk dan ukuran spesifik, memiliki ukuran dan juga sifat mengisi ruang tiga dimensi yang khas, dimana itu tergantung pada struktur kerangka dasar dan gugus subtitusinya.

Contoh Biomolekul

Beberapa contoh senyawa biomolekul antara lain: alanin yaitu sejenis asam amino pembangun protein, glukosa, asam laktat, asam asetoasetat