Glosaria.com

Wednesday, January 8, 2020

Materi Kimia

Pengertian Materi

Materi (matter) di bidang kimia adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Materi merupakan material fisik yang menyusun alam. Wujud suatu materi dapat berada dalam tiga bentuk. Tiga wujud materi tersebut antara lain: padat, cair, dan gas. Ketiga wujud tersebut dapat berubah dari wujud yang satu ke wujud yang lainnya. Perubahan wujud tersebut antara lain: mengembun (gas-cair), menyublim (padat-gas), mencair (padat-cair), membeku (cair-padat), dan menguap (cair-gas).

Jenis-jenis Materi

  1. Berdasarkan penyusunnya, materi dapat dibagi menjadi zat murni (substansi murni) dan campuran. Zat murni terdiri dari unsur dan senyawa, sedangkan campuran terdiri dari campuran homogen dan campuran heterogen.
  2. Berdasarkan susunan dan sifatnya, materi dapat digolongkan menjadi zat (substance), campuran (mixture), unsur (element), dan senyawa (compound). Suatu campuran tersusun dari dua zat atau lebih. Suatu senyawa terbentuk dari ikatan kimia antara atom-atom dari dua unsur atau lebih.

Sifat-sifat Materi

Suatu materi memiliki dua sifat, yaitu sifat kimia dan sifat fisika.
  • Sifat fisika merupakan sifat yang tidak mengubah sifat kimia suatu materi. Contoh sifat fisika antara lain yaitu warna, titik didih, titik leleh, dan kerapatan.
  • Sifat kimia merupakan sifat yang mengubah sifat kimia suatu materi. Sifat ini menjelaskan bagaimana suatu zat dapat bereaksi dengan zat yang lain membentuk zat yang baru. Contoh pembakaran gas hidrogen dengan gas oksigen membentuk air.

Contoh Materi

Beberapa contoh materi kimia adalah tanah, udara, air, besi, baja, aluminium, karet, kapur, dan lain-lain. Dalam kamus besar bahasa indonesia materi dikenal juga dengan istilah benda; barang.