Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Kimia: Pengertian, Jenis, Sifat Materi dan Contohnya

Materi Kimia: Pengertian, Jenis, Sifat Materi dan Contohnya
Bagan Penggolongan Materi

Segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang disebut dengan materi. Jenis materi dapat dibedakan menurut komposisi penyusunnya dan berdasarkan susunan dan sifatnya. Kalau secara umum, materi kimia dapat berupa zat, unsur, senyawa dan campuran

Pengertian Materi

Pada bidang kimia, materi didefinisikan sebagai segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Materi merupakan material fisik yang menyusun alam. Wujud dari suatu materi dapat berada dalam tiga bentuk, antara lain yaitu: berwujud padat, cair, dan gas. Ketiga wujud tersebut dapat berubah dari wujud yang satu ke wujud yang lainnya. Seperti apa saja perubahan wujud materi? Yuk kita pelajari bersama!

Perubahan Wujud Materi

Suatu materi dapat mengalami perubahan wujud dari satu bentuk ke bentuk yang lain yang sering kita sebut juga dengan perubahan wujud materi

Berikut ini adalah bentuk perubahan wujud materi beserta dengan contohnya:

  • Mengembun adalah perubahan wujud materi dari bentuk gas menjadi cair, contohnya yaitu embun pagi yang menetes dan menempel pada daun.
  • Menyublim adalah perubahan wujud materi dari bentuk padat-gas, contoh perubahan sublimasi adalah kapur barus atau khamper yang dibiarkan akan habis dengan sendirinya karena mengalami proses sublimasi.
  • Mencair adalah perubahan wujud materi dari bentuk padat-cair, ini termasuk perubahan materi yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, contohnya adalah proses pencairan es batu dalam minuman dingin seperti es jeruk, es teh.
  • Membeku adalah perubahan wujud materi dari bentuk cair-padat, ini juga termasuk perubahan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari ya, contohnya adalah pembuatan es dari air dengan menggunakan lemari es.
  • Menguap merupakan perubahan dari bentuk cair-gas, contohnya air mendidih. Saat kita memasak air hingga mendidih, kita akan melihat uap panas yang keluar, nah pada prtoses itulah terjadi perubahan materi yang disebut dengan penguapan.
Materi Kimia

Jenis-jenis Materi

Pada dasarnya jenis materi terdiri dari zat, unsur, senyawa dan campuran. Namun, dalam proses klasifikasinya, dikelompokkan menjadi 2 macam.
Berikut ini merupakan pengelompokkan jenis-jenis materi:
  • Berdasarkan penyusunnya, materi dapat dibagi menjadi zat murni (substansi murni) dan campuran. Zat murni terdiri dari unsur dan senyawa, sedangkan campuran terdiri dari campuran homogen dan campuran heterogen.
  • Berdasarkan susunan dan sifatnya, materi dapat digolongkan menjadi zat (substance), campuran (mixture), unsur (element), dan senyawa (compound). Suatu campuran tersusun dari dua zat atau lebih. Suatu senyawa terbentuk dari ikatan kimia antara atom-atom dari dua unsur atau lebih.

Penjelasan lengkap dapat kamu baca pada artikel: Penggolongan Materi Kimia.

Sifat-sifat Materi

Suatu materi memiliki dua sifat, yaitu sifat kimia dan sifat fisika.

  1. Sifat fisika merupakan sifat yang tidak mengubah sifat kimia suatu materi. Contoh sifat fisika antara lain yaitu warna, titik didih, titik leleh, dan kerapatan.
  2. Sifat kimia merupakan sifat yang mengubah sifat kimia suatu materi. Sifat ini menjelaskan bagaimana suatu zat dapat bereaksi dengan zat yang lain membentuk zat yang baru. Pembakaran gas hidrogen dengan gas oksigen membentuk air merupakan contoh perubahan materi kimia.

Contoh Materi Kimia

Beberapa contoh materi kimia adalah tanah, udara, air, besi, baja, aluminium, karet, kapur, dan lain-lain. Dalam kamus besar bahasa indonesia materi dikenal juga dengan istilah benda; barang.

Posting Komentar untuk "Materi Kimia: Pengertian, Jenis, Sifat Materi dan Contohnya"