Perbedaan Materi dan Zat Beserta Contohnya

Zat Cair: Larutan Kimia
 
Sebenarnya, apakah ada perbedaan antara materi dengan zat dalam ilmu pengetahuan alam (IPA)? Mari kita ulas bersama dari sudut pandang atau menurut definisinya.

Pengertian Materi

Pada dasarnya materi atau dalam bahasa Inggris (matter) dalam ilmu pengetahuan alam (IPA) didefinisikan sebagai segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa, sedangkan di dalam kamus besar bahasa Indonesia arti materi adalah benda, bahan, atau segala sesuatu yang tampak. Wujud materi terdiri dari 3 wujud, yaitu padat, cair dan gas. Selanjutnya mari kita bahas tentang definisi zat.

Pengertian Zat

Apa yang dimaksud dengan zat? Dalam buku Kimia Dasar Jilid 1 karya Raymond Chang, zat atau dalam bahasa Inggris (substance) adalah materi yang memiliki susunan dan sifat tertentu, sedangkan di dalam KBBI zat didefinisikan sebagai bahan yang merupakan pembentuk suatu benda.
 
Hampir sama dengan wujud materi yang dibagi menjadi tiga bentuk yaitu padat, cair dan gas, seringkali kita juga mendengar atau membaca pengelompokkan jenis-jenis zat yang terdiri dari zat padat, cair dan gas. Lalu apakah perbedaan dari keduanya?

Perbedaan Zat dengan Materi

Berdasarkan uraian penjelasan mengenai definisi materi dan zat diatas dapat kita ketahui bahwa segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa disebut materi, sedangkan materi yang memiliki susunan dan sifat tertentu disebut dengan zat.

Kemudian kita perhatikan dari sudut pandang definisi menurut kamus besar bahasa Indonesia. Dalam KBBI menyebutkan bahwa arti materi antara lain "benda", bahan, atau segala sesuatu yang tampak. Sedangkan definisi zat adalah bahan yang merupakan pembentuk suatu "benda".

Apakah kalian masih bingung mengenai apa saja perbedaan antara materi dengan zat? Nah, untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel Penggolongan Jenis-jenis Materi atau simak info grafis berikut:

Penggolongan Materi Berdasarkan Penyusunnya

Intisari

Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa, sedangkan zat adalah materi yang memiliki susunan dan sifat tertentu.


Sumber Referensi

Chang, Raymond. 2003. Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti, jilid 1,edisi ke-3. Jakarta: Penerbit Erlangga
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Materi dan Zat Beserta Contohnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel