Fungsi Hidrokoloid Pada Pembuatan Edible Film

Pada pembuatan edible film, hidrokoloid seperti polisakarida dari karbohidrat berfungsi sebagai pembentuk kekentalan pada larutan edible film. Sedangkan fungsi hidrokoloid dari protein berfungsi untuk membentuk karakteristik mekanik yang baik pada edible film.

Contoh Pembuatan Edible Film
Edible Film

Pengertian Hidrokoloid

Hidrokoloid adalah salah satu jenis polimer yang dapat larut dalam air dan dapat membentuk koloid. Pada dasarnya, hidrokoloid memiliki kemampuan mengentalkan larutan sehingga dapat membentuk gel. Polimer ini dapat berasal dari hewan dan tanaman. Pada saat ini, senyawa hidrokoloid telah banyak digunakan dalam pembuatan edible film, yaitu lapisan tipis untuk melindungi produk pangan dan buah-buahan.

Jenis-Jenis Hidrokoloid

Beberapa contoh hidrokoloid yang digunakan dalam pembuatan edible film antara lain adalah karbohidrat dan protein. Senyawa hidrokoloid dari karbohidrat yang banyak digunakan yaitu polisakarida seperti selulosa, pati, dan kitosan. Sedangkan hidrokolid dari protein dapat berasal dari tanaman dan hewan.

Fungsi Hidrokoloid

Salah satu fungsi hidrokoloid adalah sebagai agent pembentuk gel. Hidrokoloid dari karbohidrat seperti polisakarida pada pembuatan edible film berfungsi untuk memberikan kekentalan pada larutan edible film. Sedangkan hidrokoloid dari protein berfungsi untuk membentuk edible film dengan karakteristik mekanik yang baik.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Hidrokoloid Pada Pembuatan Edible Film"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel