Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Menghirup Gas Helium Dapat Mengubah Suara?

 

Glosaria.com - Gas helium tidak hanya digunakan sebagai pengisi balon, tetapi juga banyak digunakan untuk hiburan. Menghirup gas helium yang terkandung dalam balon dapat menghasilkan suara bernada tinggi. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Di sini, kami akan menjelaskan penyebab mengirup gas helium dapat mengubah suara.

Hembusan udara dari rongga dada menyebabkan bergetarnya pita suara. Suara keluar dari mulut dan menyebar ke udara, sehingga suara menjadi terdengar.

Gas Helium Mengubah Suara
Gas helium adalah kelompok gas mulia yang tidak berbau, tidak berwarna, tidak beracun, stabil, dan massa jenisnya lebih kecil dari udara. Ketika gas helium dihirup ke dalam paru-paru, gas helium akan melewati rongga dada lebih cepat karena sifatnya yang ringan. Hal ini yang menyebabkan pita suara bergetar lebih cepat dan dapat meninggikan suara. Sehingga pita suara bergetar lebih cepat dan mengakibatkan nada suara menjadi lebih tinggi.

Hal inilah yang menyebabkan perubahan suara saat kita menghirup gas helium. Gas helium tidak berbahaya, tetapi dapat berakibat fatal jika terhirup terlalu banyak.

Posting Komentar untuk "Mengapa Menghirup Gas Helium Dapat Mengubah Suara?"