Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asam Salisilat : Definisi, Rumus Struktur, Sifat dan Fungsi

Asam Salisilat : Definisi, Rumus, Struktur, Sifat, Fungsi

Asam salisilat adalah turunan dari asam karboksilat dengan rumus kimia C7H6O3. Asam salisilat (asam ortohidroksibenzoat) merupakan senyawa organik yang juga biasa disebut dengan o-hidroksibensaldehid, o-formilfenol atau 2-formilfenol. 

Asam Salisilat

Asam salisilat (asam ortohidroksibenzoat) merupakan senyawa dengan rumus kimia C7H6O3 yang juga biasa disebut dengan o-hidroksibensaldehid, o-formilfenol atau 2-formilfenol. Asam salisilat adalah turunan dari asam karboksilat. Suatu asam karboksilat adalah senyawa organik yang mengandung sebuah gugus karbonil. Asam salisilat dikenal dengan 2-hidroksi benzaid acid atau orthohidrobenzoid acid yang memiliki struktur kimia C7H6O3. Asam salisilat dapat diekstraksi dari pohon willow bark, daun wintergreen, spearmint, dan sweet birch.
Rumus struktur asam Salisilat
Struktur Senyawa Asam Salisilat

Sifat Fisik dan Kimia

Asam Salisilat merupakan senyawa berbentuk kristal kecil yang memiliki berat molekul sebesar 138,123 g/mol dengan titik leleh sebesar 156°C. Asam salisilat memiliki sifat mudah larut dalam keadaan dingin tetapi dapat melarutkan dalam keadaan panas. Apabila dipanaskan pada suhu 200°C asam salisilat dengan mudah terdekomposisi menjadi karbon dioksida dan fenol. 

Bentuk mikroskopik asam salisilat berupa bubuk kristal putih dengan rasa manis, tidak berbau, dan stabil pada udara bebas. Bubuk  salisilat sukar larut dalam air dan lebih mudah larut dalam lemak. Asam salisilat membentuk jarum tak berwarna dan memiliki titik leleh sebesar 155°C yang lebih larut dalam air panas dan mudah larut dalam alkohol dan ester (Svehla, 1979). 

Titik didih asam salisilat yaitu 197°C, kerapatan 4,25 dan tekanan uap 1 mmHg pada 33°C dengan titik nyala 76°C

Fungsi dan Kegunaan

Asam salisilat kebanyakan digunakan sebagai bahan obat-obatan dan intermediet pada pabrik obat-obatan dan pabrik farmasi seperti aspirin dan beberapa turunannya (Kristian, 2007).  

Beberapa turunan asam salisilat yang digunakan sebagai obat luar terbagi atas 2 kelas, yaitu ester dari asam salisilat dan ester salisilat dari asam organik. Selain itu, garam salisilat terkadang digunakan juga. Turunan senyawa asam Salisilat yang paling dikenal dan dimanfaatkan adalah asam asetil salisilat atau lebih dikenal pula sebagai aspirin. 


Referensi
  • Kristian, R. 2007. Asam Salisilat dari Phenol. Banten: Teknik Kimia Universitas Ageng Tirtayasa
  • Svehla. (1979). Buku Ajar Vogel: Analisis Anorganik Kuantitatif Makro dan Semimikro. Jakarta: PT. Kalman Media 

Posting Komentar untuk "Asam Salisilat : Definisi, Rumus Struktur, Sifat dan Fungsi"