Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Tumbuhan Karnivora dapat Memakan Hewan?

Bagaimana Tumbuhan Karnivor dapat Memakan Hewan?

Glosaria.com - Dalam suatu ekosistem terdapat salah satu fenomena unik yaitu adanya tumbuhan pemakan hewan atau disebut juga tumbuhan karnivor. 

Tumbuhan Karnivora

Pada umumnya, hewan yang memakan tumbuhan, namun hal sebaliknya terjadi pada tumbuhan karnivor. Tumbuhan karnivora adalah tumbuhan yang mampu menjerat hewan seperti serangga dan kemudian mencernanya. Tanaman karnivora umumnya hidup pada habitat dengan kondisi tanah yang sangat buruk dan kekurangan unsur nitrogen.

Tumbuhan ini sebenarnya memiliki klorofil dan dapat berfotosintesis untuk menghasilkan karbohidrat. Tetapi, kebutuhan nitrogen dan garam lain mereka dapatkan dari hewan yang dijeratnya. Hewan-hewan tersebut akan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan yang disekresikan di dalam alat perangkap. Setelah hewan tercerna, zat-zat makanan lalu terserap oleh daun yang bermodifikasi.

4 Jenis Tumbuhan Karnivora di Indonesia

Tumbuhan karnivor memiliki alat perangkap yang bervariasi. Berikut ini beberapa jenis tanaman karnivora beserta contohnya, antara lain yaitu:

  1. Nepenthes (kantong semar), tumbuhan jenis ini biasa disebut juga dengan kantong semar. Tanaman kantong semar berupa daun berbentuk kantong dan memiliki lubang perangkap dengan permukaan dinding yang licin.
  2. Dionaea (Venus flytrap), tanaman venus flytrap ini berupa daun dengan dua lobus. Tumbuhan atau bunga venus flytrap mampu menutup secara cepat dalam waktu yang bersamaan.
  3. Drosera, tumbuhan drosera berupa daun yang mampu bergerak melekuk untuk menjepit hewan ketika terkena rangsang.
  4. Pinguicula, tanaman ini berupa daun yang menghasilkan cairan perekat yang lengket.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Tumbuhan Karnivora dapat Memakan Hewan?"