Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Insektisida dan Fungisida LENGKAP

PERBEDAAN INISEKTISIDA DAN FUNGISIDA

Glosaria.com - Apakah perbedaan pestisida insektisida dan fungisida? Berikut adalah perbedaan antara insektisida dengan fungisida secara umum:

  • Insektisida adalah salah satu jenis pestisida yang digunakan untuk membunuh serangga penganggu pada tanaman pertanian ataupun serangga yang mengganggu manusia seperti nyamuk di rumah tangga.
  • Fungisida adalah salah satu jenis racun pestisida yang digunakan untuk membasmi hama berupa jamur atau fungi atau cendawan yang biasa menyerang tanaman pertanian dan dapat menyebabkan penyakit pada tanaman tersebut.

Untuk memahami perbedaan antara fungisida dan insektisida lebih lanjut, kita bahas kembali terkait definisi dan jenis-jenis pestisida pada artikel berikut ini.

Penggolongan Pestisida

Pestisida adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebutkan semua jenis racun hama. Jadi, setiap racun yang digunakan untuk membunuh hama disebut dengan pestisida.

Terdapat beberapa macam klasifikasi jenis-jenis pestisida. Namun, penggolongan yang paling sering dan umum digunakan yaitu klasifikasi pestisida berdasarkan jenis organisme target sasaran atau menurut jenis hamanya.

Berdasarkan target sasarannya atau organisme pengganggu tanaman (OPT), jenis pestisida terdiri dari insektisida, fungisida, herbisida, rodentisida, nemantisida, akarisida dan masih banyak lagi jenis-jenis yang lainnya.

BACA: Pengertian Pestisida, Jenis, Fungsi, Dampak dan Contohnya

Insektisida

Insektisida adalah salah satu jenis pestisida berdasarkan jenis organisme target sasaran yang digunakan untuk membunuh serangga seperti belalang, wereng dan ulat yang menyerang tanaman pangan atau terkadang juga digunakan untuk membasmi nyamuk dan kecoa yang mengganggu di lingkungan rumah. Contoh produk racun insektisida untuk tanaman adalah fastac, regent, curacron dan yang lainnya. Sedangkan produk insektisida rumah tangga adalah obat nyamuk bakar mapupun obat nyamuk semprot seperti baygon. 

BACA: Pengertian Insektisida, Jenis, Cara Kerja dan Contohnya

Fungisida

Fungisida adalah salah satu jenis pestisida berdasarkan organisme target sasaran yang digunakan untuk membasmi jamur atau cendawan yang biasanya menyerang batang, daun ataupun akar tanaman. Menurut artikel yang dimuat oleh litbang pertanian (10/01/23), jamur merupakan penyakit terbesar pada tanaman pangan di Indonesia. Contoh jamur yang sering menyerang tanaman adalah. Contoh produk fungisida antara lain Acrobat 50 WP, Cabrio 250 EC, Zampro 525 SC dari BASF.

Kesimpulan

  • Insektisida merupakan salah satu jenis pestisida yang digunakan untuk membasmi serangga, sedangkan fungisida adalah salah satu jenis pestisida yang digunakan untuk membunuh cendawan atau jamur. 
  • Fungisida dan insektisida merupakan sama-sama jenis-jenis pestisida berdasarkan organisme target sasaran. 
  • Perbedaan antara insektisida dan fungisida terletak pada peruntukkannya pada penggunaan jenis sasaran hama pengganggu tanamannya yaitu serangga pada insektisida dan jamur pada fungisida. 
  • Fungisida dan insektisida pada penggunaanya dapat dicampur tergantung dengan saran penggunaan pada produk pestisida yang digunakan tersebut. Pencampuran ini juga dapat bermanfaat untuk efisiensi aplikasi pada tanaman. Namun, ada beberapa pedoman yang harus dilakukan ketika hendak melakukan pencampuran pestisida.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Insektisida dan Fungisida LENGKAP"